Benang Merah Dari Pemikiran Jamaludin Al Afghani Dan Muhammad Abduh Dalam Isu Pembaharuan Islam
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah mendiskripsikan biografi dan ide pembaharuan dari jamaluddin Al Afghani dan Muhammad Abduh benang merah pemikiran dan ide pembaharuan dari Jamaliddin Al Afghani dan Muhammad Abduh dan pengaruhnya terhadap arus modernisasi dan pembaharuan dunia Islam. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Jamaluddin Afghani sangat moderat dengan mengakomodasi ide-ide yang datang dari Barat. Namun Jamaluddin Al Afghani memegang ciri keIslaman, sehingga memunculkan ide pan Islamisme, nasionalisme Islam. Maka Jamalluddin Al Afghani tampil menjadi sosok seorang muslim yang modernis akan tetapi tetap berorientasi pada Islam. Muhammad Abduh tidak hanya memiliki pemikiran pendidikan yang bercorak modern, melainkan juga memiliki pemikiran dalam bidang pendidikan, politik, kebangsaan, sosial kemasyarakatan, teologi dan filsafat. Selain itu, corak pemikirannya juga berdasar pada pemikiran teologi rasional, filsafat dan sejarah. Dengan dasar corak pemikirannya yang demikian itu, maka Muhammad Abduh dapat mengemukakan gagasan dan pemikirannya yang lebih aplikatif dengan cara yang segar dan sesuai dengan perkembangan zaman pada waktu itu (kontekstual). Jadi benang merah antara guru dan murid, Jamaluddin Al Afghani dengan Muhammad Abduh adalah keduanya sama-sama memiliki pemikiran untuk pembaharuan Islam, Jamaluddin pemikirannya masih dalam bentuk konsep ( blue print) sehingga lebih ke arah pemikir pembaharuan.dan disebarkan lewat opini/propaganda, sedangkan Muhammad Abduh berusaha mengimplementasikan ide-ide pembaharuan Islam dari Jamaluddin Al Afghani tersebut secara lebih konkret dan kontekstual, yaitu pembaharuan bidang Pendidikan Islam dengan cara menghilangkan dikotomi pendidikan, pembaharuan kelembagaan pendidikan dan pembaharuan kurikulum pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, Husayn Ahmad. Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2000.
Abdul Hamid dan Yaya, Pemikiran Modern dalam Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2010
Asmuni, Yusron. Pengantar Studi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Islam Jakarta : Rajawali Press. 1998.
Ismail, Faisal. Jamaluddin Al-Afghani: Inspirator dan Motivator Gerakan Reformasi Islam , Yogyakarta: Perpustakaan Digital UIN Sunan kalijaga, 2008.
Muthahhari ,Murthada . Gerakan Islam abad XX ; penerjemah, M. Hashem, Author: Muthahhari, Murthada |Hashem, M, Publisher: Jakarta : Beunebi Cipta, 1986
Nata, Abuddin, Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Ed.1,Cet.2;Jakarta: Rajawali Pres, 2013
Nasution, Harun. Ensiklopedi Islam Indonesia / disusun oleh Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah, H. Harun Nasution...[et al.] Jakarta : Djambatan, 1992
__________, _______. Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang. 1975.
Fakhrul Bahri, Pers Islam Dari Al-Urwatul Wutsqa Hingga Al-Mannar, (Jakarta: Surya Cempaka),
Fuad Mohd Fachruddin, Pemikiran Politik Islam, (Jakarta: CV Pedoman Ilmu Jaya, 1988), hlm, 106.
Muhammad Imarah, 45 Tokoh Pengukir Sejarah, Surakarta:Era Intermedia, 2009
Abduh, Muhammad Firdaus, Syekh Muhammad Abduh , cet.9, Jakarta, 1992
Muhammad Imarah, 45 Tokoh Pengukir Sejarah, Surakarta:Era Intermedia, 2009.
Quthb, Sayyid. Kasha’ish Al- Tashawwur Al-Islamiy, cetakan III, 1968
Munawir Sjadzali, Islam dan Tata Negara, Ajaran, Sejarah, dan Pemikiran, Cet. 1. Jakarta; UI Press, 1990.
Saefuddin, Didin. Pemikiran Modern dan Postmodern Islam : Biografi Intelektual 17 Tokoh, Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia. 2003.
Sa’id Nursi, Muhammad. Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, Jakarta: Pustaka AlKautsar. 2009
Supriyadi, Dedi. Sejarah Peradaban Islam, Bandung : Pustaka Setia. 2008
Shihab, M. Quraish.Studi kritis tafsir Al Manar karya Muhammad 'Abduh dan M. Rasyid Ridha, cet.I, Bandung : Pustaka Hidayah, 1994.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Ed.1, Cet. 25; Jakarta: Rajawali Pres, 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v8i2.950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Haryati -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.