KONSEP PENDIDIKAN AL-ZARNUJI DAN IBN TAIMIYAH
Abstract
Sebagai implikasi pandangan Al-Zarnuji tentang tujuan pendidikan / pengetahuan yang diperoleh ada dampak positif yang bersifat instruktif sebagai kelebihan dari itu dan juga dampak negatif yang instruktif sebagai kekurangannya. Impct pendidikan yang positif adalah rasa tanggung jawab yang sudah sangat kuat pada pemikiran yang menembus pendidikan, dan memperkuat rasa tanggung jawab moral. Tugas mengajar dan belajar bukan hanya sebagai tugas profesional yang bekerja dan tugas kemanusiaan, tetapi lebih jauh dari apa yang merupakan tugas yang menuntut tangguh. Tanggung jawab yang tegas sebagai titik sentral dalam pendidikan Islam, selain tanggung jawab kemanusiaan baik tingkat konsep konstruksi dan tingkat aplikasi pendidikan. Dampak negatif edukatifnya membuat istilah al-ilm (pengetahuan) bahwa Al-Quran dan Hadist menjadi absolut tanpa batas menjadi hanya terbatas pada ilmu-ilmu agama, dan kecenderungan pencapaian pendidikan spiritual yang lebih menonjol, mendorong pemikiran pendidikan Islam ke arah mengabaikan pergaulan para pelaku. dunia dengan segala kemanfaatan dan upaya amal yang sebenarnya bisa dinikmati dan bisa dilakukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falalsifatuha,(Mesir: ‘Isa al-Bab al-Pabi wa Syurakah, 1975
Al-Attas, Syed Muhammad al-Naqueib, Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979
Al-Syaibani, Omar Mohammad al-Taumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Bandung: Bulan Bintang, 1979
Arifin, HM., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 1987
Asari, Hasan. “Yang Hilang dari Pendidikan Islam:Seni Munadharah”. Ulumul Qur’an. No. 1. Vol. V., 1994
G.E. Von Grunebaum, et.al, Ta’lim al-Muta’allim Taruq al-Ta’allum: Instructions of the Studies: The Methode of Learning, New York: King’s Crown Press, 1947
Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, Cet. 1, Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989
Madjid, Busairi. Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim. Yogyakarta: Press, 1997
Mahali, A. Mudjab, & Mujawazah Mahali. 1988. Kode Etik Kaum Santri. Saduran Yogyakarta: Al-Bayan, 1988
Musnamar, Tosari “Masalah Operasionalisasi Konsep Pendidikan Islami di Indonesia dalam Menatap Masa Depan”, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, I, No. 2 April, 1991
Nasir, Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal; Pondok Pesantren di Tengah Arus Perubahan Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005
Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam,(Cet.1, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000
Plessner, M. “Al-Zarnuji” dalam The Encyclopedia of Islam, Vol. IV, Leiden: E. J. Brill, 1913-1934
Qomar, Mujamil. Pesantren; Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokrasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2005
Ridha, Muhammad Jawwad, al-Fikr al-Tarbawiy al-Islamiy, Muqaddimah fi Usulih al-Ijitima’iyyah wa al-‘Aqlaniyah,Kuwait: Dar al-Fikr al-‘Arabiy, 1980
DOI: http://dx.doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i2.125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Mubin Noho, Oktoviani Oktoviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.